Selasa, 16 Desember 2008

Investasi di Indonesia saat ini

Efek krisis global mau tidak mau pasti akan sampai ke Indonesia. Hal ini sudah terlihat nyata dengan menurunnya harga kelapa sawit akhir-akhir ini. penurunan harga kelapas sawit adalah akibat dari melemahnya pasar global sebagai akibat tiadk adanya likuiditas modal do berbagai bank.

Krisis ekonomi ini kemungkinan besar akan datang melanda Indonesia dengan berbagai kemungkinan, antara lain:
1. dengan derasnya arus modal luar negeri yang datang ke dalam negeri sebagai salah satu kebijakan pemerintah. Pemerintah yang selalu menggalakan penanaman modal asing ini kemungkinan akan mendapatkan suatu permasalahan baru jika arus modal yang datang itu terlalu deras.

Pencegahan terhadap arus modal yang datang ini harus dilakukan dengan berbagai cara yang akan menyeimbangkan kondisi perekonomian dalam negeri dalam menghadapi sektor pasar luar negeri. Cara yang mudah dilakukan adalah penguatan sektor riil yang langsung bersentuhan dengan masyarakat banyak.

Arus modal yang datang ini juga harus diikuti oleh regulasi pemerintah. Regulasi ini dapat mengatur jalannya modal yang masuk dan keluar dari pasar keuanngan dalam negeri. Kekhawatiran akan mungkin terjadi karena adanya suatu problem yang terkait erat dengan arus keluar masuk modal ini. Keluar masuknya modal ini jangan sampai terlalu cepat yang hanya sebagai perilaku para spekulan pasar.

2. perusahaan-perusaan dalam negeri yang merupakan bagian dari korporasi pasar dunia juga akan terpengaruh adanya krisis global ini. Salah satu contohnya adalah beberapa perusahaan seperti Media Nusantara Citra, Bakrie and Brothers, dan beberapa perusahaan kelapa sawit. Perusahaan-perusahaan ini mengalami kesulitan modal untuk pembayaran hutang luar negerinya. Hutang luar negeri yang harus dibayar dalam bentuk dollar juga akan mempenharuhi kas perusahaan di mana pemasukan berasal dari rupiah. Nilai rupiah yang fluktuatif akan sangat mempengaruhi pembayaran nantinya karena harus dialihkan dahulu dalam bentuk dollar.

Saham perusahaan juga akan mempengaruhi kondisi perusahaan, ini akan tampak pada kasus Bakrie and Brothers. Menurunnya harga saham sangat mempengruhi nilai perusahaan ini. Perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha salah satunya kelapa sawit ini mengalami dampak yang cukup keras akibat krisis ekonomi global.

3. lemahnya turan dalam berinvestasi di dalam negeri akan mempengaruhi perekonomian nasional. Berbagai macam produk investasi menuntut perhatian pembuat kebijakan dalam usahanya mengendalikan pasar. Pasar yang terus bergejolak dari hari ke hari membutuhkan suatu elemen yang dapat menyeimbangkan antara kehendak pasar dan kondisi masyarakat. Pasar yang fluktuatif dari hari ke hari membutuhkan suatu cara yang tepat agar dapat berjalan dengan tenang. Salah satu cara yang paling utama adalah pembuatan auran yang jelas dan tegas.

Jika aturan sebagai elemen dasar ini tidak dapat dijalankan oleh pemerintah maka kemungkinan adanya kegagalan pasar akan sangat mungkin terjadi di Indonesia. Indonesia saat ini begitu tergantung dengan modal asing. Pemaksaan dari pemerintah terhadap penyerapan modal asing telah membawa ketertinggalan para pengusaha dalam negeri. Pengusaha dalam negeri saat ini sangat terkait dan terhubung langsung dengan para pemodal asing. Jika para pemodal asing mencabut modalnya dari dalam negeri dan memindahkannya ke negara lain tentunya akan sangat mempengaruhi keadaan dalam negeri. Padahal sebagian besar proses produksi tergantung pada modal ini.

Dengan adanya aturan ini maka pencegahan terjadinya pelemahan pasar akibat tindakan para spekulan pasar dapat di cegah.

Tidak ada komentar: